Tuesday, March 8, 2016

Sebaiknya Hindari Ruas Jalan ini Jika Anda Tidak ingin Terjebak di Kota Cikarang


Salam,
Bagi anda yang sering wara wiri di kota Cikarang tentunya sudah hapal betul kondisi dan situasi jalanan di sekitaran kota Cikarang, tapi bagi anda yang baru di Cikarang atau cuma sekedar lewat di kota ini sebaiknya anda menghindari 3 ruas jalan ini terutama pas jam pulang kerja (sekitar jam 16.00-19.00) kalau anda tidak ingin terjebak kemacetan. Ada beberapa ruas jalan di kota Cikarang ini yang sudah menjadi langganan kemacetan di antaranya adalah :

Peremempatan mall SGC Cikarang Utara

Dititik ini kepadatan kendaran sangat lah rapat karena ada pertemuan arus kendaraan dari Karawang juga dari jalan Industri Cikarang-Cibarusah. Keadaan ini diperparah lagi banyaknya angkutan umum yang berhenti di bahu jalan padahal ruas jalan disitu tidak lah begitu lebar. Di tambah dengan adanya pusat-pusat perbelanjaan juga mall di sekitarnya sehingga memperparah kemacetan diwilayah tersebut, meskipun diperempatan itu ada lampu merah guna mengatur alur lalu lintas disana akan tetapi itu seolah tidak berpungsi.

Perempatan kawasan Jababeka

Di titik ini jaga salah satu ruas jalan yang cukup ramai dantidak jarang sampai terjadi kemacetan panjang terutama pada jam pulang kerja. Meskipun pihak Kepolisian lalu lintas sudah merekayasa arus kendaran dengan mengarahkan kendaraan dari arah Tegal Gede ke dalam kawasan Jababeka I dan kemudian memutar di depan PT. Samsung Elektronik, sebaliknya juga dari arah Sempu kendaraan diarahkan ke kawasan Jababeka II lalu memutar di depan McDonald. Cara ini cukup efektif mengurai kemacetan akan tetapi terdang pada saat-saat tertentu masih saja macet.

Flyover Pasir Konci

Flyover pasir konci tepatnya didepan Carrepur atau pas pintu keluar Tol Cikarang barat ini menjadi titik termacet di kota Cikarang meski pun disitu sudah dibangun flyover guna mengurangi kemacetan akan tetapi itu tidak mampu mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Kawasan Pasar Serang

Inilah salah satu ruas jalan yang paling macet di sekitar Cikarang, ya nama juga pasar selalu ramai dipadati penjual maupun pedagang tapi itu akan terasa sangat menganggu kalau pasar itu sangat dekat dengan jalan raya yang mana arus lalu lintas disana sangat padat ditambah jalan di kawasan itu cuma satu jalur yang dua arah berlawanan dengan lebar jalan sekitar 10 meter. Selain lebar jalan yang kurang memadai ruas jalan dikawasan pasar Serang cukup padat dilewati kendaraan-kendaraan besar seperti Bus jemputan karyawan, truk pengangkut tanah dan mobil-mobil indusri yang melintas diruas jalan tersebut, selain itu banyaknya perismpangan di kawasan itu turut andil dalam menciptakan kemacetan dikawasan tersebut belum lagi angkot yang suka berhenti sembarang menambah parah kemacetan.


Demekianlah titik-titik rawan kemacetan di kota Cikarang kalau anda kebetulan lewat area-area tersebut sebaiknya mencari jalan alternatif lain jika tidak ingin terjebak kemacetan. Banyak faktor yang menymbang kemacetan di kota Cikarang diantaranya :
- Ruas jalan yang sempit (rata-rata cuma 10-12 m).
- Jumlah kendaraan bermotor (roda 2 maupun roda 4 atau lebih) yang semakin bertambah.
- Banyaknya persimpangan disepanjang jalan utama.
- Minimnya rambu lalu lintas disepanjang jalan.
- Angkutan umum yang tidak teratur, dll.

Mungkin sudah saatnya Pemerintah Daerah kabupaten Bekasi untuk segera membenahi sistem transportasi di kota Cikarang kalau tidak bisa-bisa 3 atau 5 tahun kedepan Cikarang akan semacet Jakarta. Semoga imformasi ini bermanfaat buat anda, silahkan berkomentar, kiritik dan saran kirimkan ke email kami.

Wassalam,

Related Posts

Sebaiknya Hindari Ruas Jalan ini Jika Anda Tidak ingin Terjebak di Kota Cikarang
4/ 5
Oleh