Tuesday, February 16, 2016

Cikarang Dan Sejarahnya

          (Stadion wibawa mukti,Cikarang) 
Cikarang, adalah ibukota kabupaten Bekasi provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 5 kecamatan didalamnya yaitu:
           1. Cikarang Barat
           2. Cikarang Timur
           3. Cikarang Pusat
           4. Cikarang Utara
           5. Cikarang Selatan
Sebelum Cikarang di resmikan jadi ibu kota kabupaten Bekasi pusat pemerintahan kabupaten Bekasi berada di Bekasi kota yang sekarang menjadi Kota otonom. Barulah pada tanggal 6 Juni 2004 Berdasarkan PP no.82 TAHUN 1998 TENTANG PEMINDAHAN IBUKOTA KABUPATEN DAERAH TINGKAT II BEKASI, kota Cikarang resmi menjadi ibu kota kabupaten Bekasi sekaligus menjadi pusat pemerintahan kabupaten Bekasi.

                            (Peta kab.Bekasi)

Sejarah Kota Cikarang

Dalam perjalanan sejarahnya,Cikarang tidak terlepas dari sejarah Bekasi,baik masa kerajaan maupun disaat era perjuangan di tahun 1940-an. Menilisik dari literatur sejarah yang ada memang tidak disebutkansecara eksplisit keberadaan Cikarang namun sebagai bagian dari wilayah Bekasi hampir dipastikan bahwa kota Cikarang memiliki peranan dalam sejarah bangsa ini. Dimasa perjuangan wilayah Cikarang saat ini merupakan penghubung antara kota Bekasi dan Kota Karawang.

Salah satu yang tercatat dalam sejarah adalah wilayah Cibarusah yang merupakan bagian dari kota Cikarang dimana terdapat rekam jejak perjuangan Laskar Hizbullah-Salillah pimpinan KH. Wahid Hasyim pada tahun 1937 yang mana laskar ini memiliki peranan penting dalam mengusir penjajahan Colonial Belanda juga dimasa penjajahan Jepang. Di wilayah Cibarusah menjadi tempat pelatihan semi-militer bagi Laskar tersebut.

Sayangnya sedikit sekali informasi yang saya dapat tentang kota cikarang di masa perjuangan mengenai peran serta kota Cikarang juga masyarakatnya di masa itu. Masih diperlukan penggalian yang lebih mendalam serta sumber sejarah yang lebih mendetail untuk menyingkap sejarah kota Cikarang dan sekitarnya, terlebih dengan adanya rekam jejak Cibarusah sebagai tempat pelatihan semi- militer Laskar Hizbullah-Salillah didaerah tersebut, mungkin bukan hanya Laskar Hizbullah saja yang mempunyai peranan akan tetapi masyarakan yang tinggal di Cibarusah dan sekitarnya juga memiliki peranan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia pada saat itu akan tapi tidak tercatat dalam sejarah.

Demikian sedikit ulasa mengenai Kota yang bernama Cikarang yang dapat saya tulis dalam kesempatan pertama menulis diblog ini sebagai postingan perdana,semoga dapat menjadi informasi bagi anda dan ada manfaatnya, selanjutnya dikesempatan berikutnya saya akan mengulas segala sesuatu tentang kota Cikarang,.

Salam,

Related Posts

Cikarang Dan Sejarahnya
4/ 5
Oleh