Wednesday, March 2, 2016

Maaf Tidak Ada Lowongan !

Salam,
Salam jumpa para pembaca Cikarang Urban, kali ini saya ingin membahas salah satu permasalahan yang terjadi di kota Cikarang saat ini atau mungkin ini terjadi bukan hanya di disini (Cikarang) akan tetapi terjadi juga di daerah-daerah lain di Indonesia. "Maaf Tidak Ada Lowongan !" ,pernah kah anda mendengar kalimat itu atau malah sering mendengarnya ya tentu saja kalimat itu mungkin sudah sering terdengar oleh orang yang saat ini sedang mencari pekerjaan, melamar sana-sini tapi tak kunjung diterima dan kalimat tersebut lah yang anda dapat ketika anda mendatangi sebuah Institusi/Perusahaan.
Suka tidak suka kita harus realistis dengan keadaan ekonomi negara ini yang tak kunjung membaik terutama di bidang industri yang notabene banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Faktanya pada saat ini bukannya menyerap tenaga kerja akan tetapi malah terjadi pemutusan hubungan kerja dengan dalih kondisi perusahaan yang tidak stabil dikarenakan perekonomian yang semakin kesini tidak menuju kearah yang baik. Dan ini terjadi di perusahaan tempat saya bekerja baru-baru ini perusahaan sudah memutus hubungan kerja dengan hampir separuh dari jumlah karyawan. 

Ya meski pun saya tidak termasuk yang kena PHK akan tetapi saya merasa prihatin dengan kondisi ini banyak teman-teman saya yang sekarang menjadi pengangguran akibat pemutusan hungan kerja tersebut.
Hampir setiap hari saya mendengar berita tentang PHK dikawasan tempat saya bekerja, seolah kata PHK itu sekarang jadi trending topic dikalangan pekerja pabrik kebetulan perusahaan tempat saya bekerja berlokasi di sebuah kawasan Industri yang cukup besar dan cukup terkenal di Cikarang karna didalam kawasan industri tersebut berdiri perusahaan-perusahaan besar, yang menampung ribuan pekerja yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Akan tetapi semenjak kemerosotan ekonomi yang dialami oleh negara ini satu per satu perusahaan-perusahan itu mulai mengurangi para pekerjanya dengan alasan efesiensi untuk mengurangi cost yang semakin hari semakin membengkak disisi lain produksitifitas trus menurun, meskipun murunnya produksifitas itu sebenrnya bukan disebabkan oleh perkerja akan tetapi lebih karena permintaan pasar yang turun dan harga bahan baku yang terus naik (terutama bahan baku yang diinport) tapi yang kena dampak paling pertama itu ya karyawan.
Dengan kondisi seperti ini apa yang harus dilakukan ?

Hemm....bingung juga ya menjawab pertanyaan diatas melihan realitas hidup yang semakin sulit terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga, ini mungkin beberpa hal yang saya bisa sarankan kepada anda  yang baru saja kena PHK.

Pertama, sebaiknya anda berhenti berpikir untuk mencari/melamar pekerjaan ke pabrik atau perusahaan pada saat ini, karna dalam kondisi ini perusahaan mana pun akan mengalami hal yang dialami perushaan tempat anda bekerja sebelumnya.

Kedua, mungkin sudah saatnya anda mulai berpikir untuk berwirausaha membangun bisnis anda sendiri, ye emang sih tidak semudah yang dikatakan tapi apa salahnya dicoba kecil-kecilan dulu asal sungguh-sungguh dan tekun cari usaha yang menurut anda bisa berjalan minimal dilingkungan anda dengan modal yang kecil sperti membuka steam cuci kendaraan,loundry,dll.

Yang terakhir, manfaatkan media internet untuk memulai sesuatu yang mungkin akan menghasilkan dalam hal ini tentu saja uang, asal tau saja sebenarnya banyak peluang yang bisa didapat di internet yang bisa menghasilkan uang seperti jadi blogger atau pun anda bisa ikut survey-survey yang dibayar atau bagi anda yang punya keahlian mengambar anda bisa ikut contes pembuatan logo itu bayarannya lumayan besar dan bagi yang hobi menulis anda juga bisa menjual artikel hasil tulisan anda banyak kok situs yang mau membayar artikel-artikel yang berkualitas bahkan ada yang mau bayar $100 hanya untuk satu artikel saja wow lumayankan !, ya dari pada internetan cuma buka sosmed kan akan lebih berguna kalo kita bisanya nyari penghasilan di internet.
Silahkan mencoba !
Wassalam.

Related Posts

Maaf Tidak Ada Lowongan !
4/ 5
Oleh