Wednesday, March 23, 2016

10 Fakta Unik Tentang Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi


Cikarang Journey, kali ini singgah di kecematan Cikarang pusat yang mana disana adalah bisa dikatakan sebagai jantungnya Kabupaten Bekasi bagai mana tidak yang dukunya daerah tersebut hanya lah padang ilalang dan perbukitan sekarang berubah total perlu diketahui sekarang disana menjadi lokasi seluruh kantor pemerintahan Pemda Kabupaten Bekasi berada di Kecamatan Cikarang Pusat, Tapi apakah anda tau seperti apa dulunya daerah tersebut Cikarang jurney kali ini akan mengungkap fakta-fakta tentang cikarang pusat, berikut 10 faktak tentang Cikarang Pusat:

Kota Delta Mas,Cikrang Pusat
  1. Nama Cikarang Pusat sebenarnya ialah Cikarang Tenggara, namun karena status Cikarang Tenggara adalah pusat pemerintahan dan juga ibukota Kabupaten Bekasi, maka kata tenggara diganti dengan pusat.
  2. Cikarang Pusat merupakan kecamatan tertinggi ke-3 di Kabupaten Bekasi setelah Bojongmangu dan Cibarusah dengan ketinggian rata-rata 21 meter di atas permukaan laut (mdpl).
  3. Pertumbuhan penduduk di Kecamatan Cikarang Pusat setiap tahunnya mencapai 11-12 persen atau sekitar 4.000 jiwa.
  4. Kecamatan Cikarang Pusat digadang-gadang bakal menjadi ibukota ketika stasus Cikarang menjadi kota otonom atau kotamadya nanti, memisahkan diri dari Kabupaten Bekasi, seperti yang telah dilakukan Kota Bekasi 17 tahun yang lalu.
  5. Tepat 7 kilometer di tenggara Kompleks Pemda Bekasi, Cikarang Pusat, bertepatan dengan sebuah pemakaman tertutup, yakni Taman Memorial Graha Sentosa di Surokunto, Karawang. Bentuk pemakaman tersebut dari pencitraan Google Earth berbentuk seperti labu erlenmeyer yang biasa digunakan para kimiawan meracik unsur kimiawi. Disinyalir beberapa forum dunia maya bukan sebagai sebuah kebetulan, melainkan ada alasan di balik koordinat tersebut.
  6. Cikarang Pusat memiliki view layaknya Puncak di Bogor, terutama di Desa Cicau dimana jalan berliku, naik-turun disertai pemandangan amparan sawah yang semakin berkurang akibat konversi lahan menjadi kawasan industri.
  7. Terdapat ratusan sapi di Cikarang Pusat yang berkeliaran bebas di Kota Deltamas dan Kawasan Industri Delta Silicon bahkan gembala dan sapi-sapinya tidak segan makan rumput di halaman Kantor Bupati Bekasi.
  8. Kompleks Pemda Bekasi dikelilingi oleh Sumur Gas Jatirarangon milik Pertamina JRR-02. Terdapat total 3 sumur gas di Cikarang Pusat dan kesemua lokasinya berada di Desa Cicau. Menunjukkan Cikarang Pusat juga memiliki potensi alam yang bisa dieksplorasi.
  9. Setiap tahunnya masyarakat Hegarmukti di Rawa Binong menggelar hajat berupa sedekah bumi, perlombaan tradisional, pagelaran seni tradisional yang dikenal dengan nama Hajat Bumi Situ Binong.
  10. Situ Rawa Binong yang terletak di Kampung Tegaldanas, Desa Hegarmukti, dipercaya dibangun pada 1923. Daerah tersebut merupakan rawa dan atas inisiatif Ki Buyut Samean dibuatlah bendungan sebagai sumber irigasi masyarakat sekitar. (sumber : Bekasi.pojoksatu)
Baca Juga : Jangan Remehkan Bekasi

Demikianlah 10 fakta tentang Cikarang Pusat yg sekarang sudah menjadi sebuah kecamatan yang kemajuannya sangat signifikan, semoga memberi informasi yang bermanfaat bagi anda semua. silahkan memberikan komentar, kritik dan saran silahkan untuk mengirimkan melalui email (Hubungi Kami)

Related Posts

10 Fakta Unik Tentang Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi
4/ 5
Oleh