Wednesday, February 17, 2016

Cikarang & Perkembangannya.

Setelah kota Cikarang ditetap kan sebagai ibukota kabupaten Bekasi pada Juni 2004 (baca: Cikarang & Sejarahnya). Kota Cikarang pun mulai berbenah mulai membangun insfratruktur sebagai kota pusat pemerintahan bagi kabupaten Bekasi diawali dengan membangun komplek Pemda kabupaten Bekasi di kec. Cikarang Pusat juga jalan yang menghubungkan satu kawasan ke kawasan yang lain.
Dari hanya sebuak kota kecil menaji kota yang modern dan terlengkap di koridor timur Jakarta.

Perkembangan kota Cikarang tidak terlapas dari adanya kawasan Industri, Jababeka dan Lippo adalah dua perusahaan pengembang properti yang paling berpengaruh,terbukti sampai hari ini ke dua perusahaan tersebut terus bersaing dengan membangun dan memperluas area kawasan dari kawasan industri sampai Perumahan mewah,Apartemen,Hotel juga sarana hiburan.
         (Peta kawasan industi Cikarang)
Saat ini ada sekitar 4.000 perusaha yang beropersai di kawasan perusahaan tersebut dengan jumlah tenaga asing (ekspatiat) 21.000. Dengan demikian Cikarang bukan hanya sebagai ibukota kabupaten Bekasi tapinjuaga sebagai kota industri terbesar ditimur Jakarta.

Menurut pengamat properti Ali Trianghada, kawasan Cikarang seharusnya bisa seperti Shenzen. Alasannya, Cikarang memiliki basis ekonomi yang kuat di industri . Kalau industri kuat , bisnis properti akan ikut.

Kehadiran ekspatriat dan investor di kawasan industri menjadi pemicu utama berkembangnya industri properti di Cikarang,Jawabarat.

Tidak heran jika eksodus Urbanisasi terus meningkat setiap tahun, para perantau pun berdatangan dari penjuru negri ini untuk mengadu peruntungan di kota Cikarang, karna begitu banyaknya industri di Cikarang menjadi magnet bagi para pencari kerja. Dan jadi lah Cikarang kota yang multi etnis dan cultur. Bahkan sebagian dari para perantau ada yang menetap menjadi panduduk Cikarang.






Related Posts

Cikarang & Perkembangannya.
4/ 5
Oleh