Wednesday, August 3, 2016

Cara Memperbanyak ASI Ibu atau ASI BOOSTER dengan Alami

Hi Moms.. Menyusui bayi ini bermanfaat bagi ibu serta anak. Sebagian besar payudara ibu menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi tapi kadang kondisi menjadi sengsara ketika ibu akan benar-benar kurang susu dari yang diinginkan untuk bayi. Beberapa perubahan dalam diet dan asupan cairan dan bantuan yang tepat dari beberapa herbal umum dan obat-obatan homeopati meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi susu.Nah sekarang gimana sih caranya biar produksi ASI kita meningkat dan solusi lain, simak di bawah ini ya beberapa tips untuk ASI Booster, antara lain:



  1. Nyeri yang dialami dalam beberapa hari pertama waktu menyusui dikombinasikan dengan bayi yang terus-menerus lapar, dan ini benar-benar menguji kita. Cobalah untuk tidak fokus ke sakit tersebut. Solusinya, bisa menggunakan perisai puting/penyambung ASI/nipple shield untuk meringankan rasa sakit. Ini biasanya terbuat dari silikon dan membantu menempel denganbaik juga. Hal ini juga berguna untuk Moms yang memiliki puting kecil atau terbalik. Setelah Anda dan bayi Anda mendapatkan posisi menyusui, berhenti menggunakan perisai puting tersebut. Anda perlu menjaga makan untuk meningkatkan produksi susu Anda. Ingat biasanya apabila Anda tidak makan selama 24 jamm maka produksi susu akan berhenti. 
  2. Pompa sesering mungkin. Seperti yang saya katakan sebelumnya, tubuh belajar dari bayi, berapa banyak susu yang dibutuhkan untuk bayi Anda. Cobalah untuk memompa ketika Anda mendapatkan kesempatan. Saya katakan demikian karena, mungkin ada saat-saat ketika Anda harus melengkapi kebutuhan makan pada bayi Anda dengan memberikan botol kepada bayi Anda. Dalam kasus tersebut, pompa untuk mengosongkan payudara Anda sehingga tubuh Anda tidak berpikir bayi membutuhkan susu rendah. Saya diberitahu bahwa memompa pada jam 2:00-4:00 adalah ide yang baik sebagai laktasi merangsang hormon pada puncaknya saat ini. Cobalah untuk mendapatkan pompa ASI dari Rumah Sakit yang Profesional. Ya itu mahal dan saya tahu beberapa tidak menyukainya. Jika Anda tidak bisa mendapatkannya, its okay, bisa juga menggunakan pompa ASI mekanik.
  3. Cobalah untuk mengosongkan kedua payudara pada setiap memberi makan.
  4. Minum setidaknya dua liter air sehari, mengingat banyak dari ASI adalah hanya air dan kecuali Anda terhidrasi Anda tidak akan membuat cukup kebutuhan ASI Anda.
  5. Makanan yang kaya protein sangat penting untuk membuat susu. Meningkatkan kuantitas telur, daging dan kacang-kacangan di dalam menu makanan. Memiliki banyak karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, bukan karbohidrat sederhana. Termasuk beras merah, gandum dll. Memiliki diet seimbang adalah penting, terutama saat menyusui.
  6. Istirahat yang cukup. Seorang ibu dengan gizi dan beristirahat menghasilkan lebih banyak pruduk susu Anda.

Berikut adalah beberapa daftar bahan makanan/galactagogue yang dapat membantu produksi ASI/ASI Booster Anda, diantaranya adalah:


  • Biji fenugreek (methi disebut dalam hindi dan ‘vendhayam’ di tamil). Biji fenugreek adalah ramuan yang paling sering digunakan untuk meningkatkan suplai susu. Ini adalah galactagogue sangat baik.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan. Gandum dan barley terutama dikatakan untuk membantu meningkatkan produksi susu. Saya biasanya akan memiliki bubur havermut (dengan susu ditambahkan) di pagi hari dan juga merebus barley dalam air sampai matang dan minum minimal satu gelas air sehari. Atau bisa bikin bubur kacang hijau atau merebus kacang hijau dengan tambahan susu, lalu minum airnya.
  • Almond, kacang mete dan kacang macadamia dikatakan untuk membantu produksi ASI.
  • Bawang putih, dengan membakar beberapa siung bawang putih atau menggoreng siung bawang putih hancur dalam mentega. Tambahkan ini ke susu hangat dan mengkonsumsi minimal dua kali sehari. Bawang putih bisa mengencerkan darah Anda sehingga tidak menggunakan dengan anti-koagulan. Atau bisa juga dengan menambahkan di masakan Anda.
  • Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mencegah infeksi payudara dari menyusui.
  • Pepaya hijau muda bisa juga meningkatkan produksi ASI Anda. Dengan mengolahnya secara tepat agar kandungan gizi tidak banyak terbuang. Apabila dijadikan sayur, usahakan jangan memasak sampai matang, karena gizi akan menghilang. Atau bisa dijadikan sebagai rujak manis atau salad pepaya.
  • Spirulina, ragi gizi dan ragi, jahe, ginger ale.
  • Rempah-rempah seperti dill, jintan, adas manis, star anise/pekak. Biji Adas merangsang aliran ASI dan mengurangi gas dan kolik. Hal ini meningkatkan produksi ASI, tetapi juga membantu untuk mengusir gas dan membantu pencernaan dan mengurangi kolik. Bisa taruh di dalam menu makanan Anda atau bisa juga dengan mengunyah beberapa biji adas sehari-hari.
  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, wortel, bit dan ubi juga dikatakan efektif. Memiliki banyak buah-buahan dan sayuran akan memberikan energi dan gizi untuk membuat susu.
  • Jelatang (juga disebut ‘kuppameni’ di tamil). Jelatang kering bisa dijadikan sebagai teh. Taruh satu sendok teh dalam cangkir dan tambahkan air mendidih, tutup dan biarkan selama lima menit, minum. Hal ini juga kaya akan zat besi dan ramuan besar bahkan jika tidak menyusui.
  • Berry suci, daun borage, daun comfrey, daun raspberry merah, rue kambing, hop, alfalfa. Alfalfa digunakan untuk merangsang produksi susu pada ibu menyusui. Hal ini meningkatkan kualitas dan kuantitas susu dan gizi suplemen dalam tubuh Anda.
  • Daun katuk memiliki kandungan laktagagum dimana membantu dalam meningkatkan produksi ASI. Mengolah daun katuk dengan tepat dan tidak terlalu matang, sehingga Anda dapat mendapatkan gizi dan manfaat dari daun katuk tersebut. 
  • Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Biji ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat lainnya seperti tembaga. Caranya dengan cara membuat masker. Ambil satu sendok biji wijen kemudian campurkan dengan satu ibu jari kencur yang kemudian ditumbuk, lalu oleskan di atas payudara sehingga memperbanyak ASI anda.
  • Teh herbal atau teh kemasan khusus untuk meningkatkan produksi ASI. Ini biasanya kantong teh yang mengandung sejumlah herbal yang biasa disebut pada . Misalnya teh Yogi dan itu dimaksudkan untuk meningkatkan produksi ASI. Isinya thistle dan jelatang. 
  • Dalam Ayurveda, shatavari dan ashwagandha adalah dua herbal yang disarankan untuk menyusui di samping beberapa bahan lain seperti almond dll saya punya kapsul yang disebut Lactare, tersedia dari apotek di India, satu kapsul sehari.
  • Mentega dan ghee, minyak kelapa dan santan dikatakan penting bagi ibu menyusui.
  • Obat homeopati juga aman dan dapat diberikan pada saat laktasi untuk meningkatkan aliran susu.
  • Kamomil diberikan kepada ibu apabila Anda mengalami radang payudara dengan nyeri tak tertahankan.
  • Ricinus communis juga merupakan obat yang sangat baik diberikan dalam potensi yang lebih rendah untuk meningkatkan aliran pada wanita menyusui.
  • Agnus castus juga merupakan obat di mana pasien sedih dan murung.



Produksi ASI dapat dipengaruhi oleh ibu karena asupan beberapa makanan yang mengandung anti-galactogogues. Beberapa makanan yang mengandung pembuatan anti-susu agen ini adalah herbal, dekongestan, kubis, peppermint, sage, dll.


Itulah beberapa tips untuk ASI Booster atau makanan dan suplemen untuk meningkatkan produksi susu/ASI buat Moms… Semoga bermanfaat… Dan enjoy ya Moms…

Related Posts

Cara Memperbanyak ASI Ibu atau ASI BOOSTER dengan Alami
4/ 5
Oleh